Selasa, 25 Juni 2013

PENILAIAN PORTOFOLIO MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA KELAS X SEMESTER II



BAB I
PENDAHULUAN
  1. Pengertian Portofolio
Secara etimologi, portofolio berasal dari dua kata, yaitu port (singkatan dari report) yang berarti laporan dan folio yang berarti penuh atau lengkap. Jadi portofolio berarti laporan lengkap segala aktivitas seseorang yang dilakukannnya (Erman S. A., 2003 dalam Nahadi dan Cartono, 2007). [1]
Secara terminologi, ada beberapa pengertian portofolio di antaranya:
1.         Portofoloio merupakan kumpulan bahan pilihan yang memberikan informasi bagi suatu penilaian kinerja secara objektif sesuai tujuan pengajaran yang ada dalam kurikulum atau seesuai persyaratan yang ada dalam kurikulum atau sesuai   kualitas yang ditetukan ( Depdiknas, 2002 ).
2.         Portofolio merupakan berbagai contoh pekerjaan siswa yang tergantung pada kelulusan tujuan ( Grounland, 1999 dalam Nurhadi, 2005 ).

Secara umum, dapat dikatakan bahwa portofolio merupakan kumpulan dokumen seseorang, kelompok, lembaga, organisasi, perusahaan atau sejenisnya yang bertujuan untuk mendokumentasikan perkembangan suatu proses dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Aspek yang diukur dalam penilaian portofolio adalah tiga domain  perkembangan psikologi anak yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik.
  1. Langkah-langkah Penilaian Portofolio
Teknik penilaian portofolio didalam kelas memerlukan langkah-langkah sebagai berikut :
1.      Jelaskan kepada peserta didik maksud penggunaan portofolio, yaitu tidak semata-mata merupakan kumpulan hasil kerja peserta didik  yang digunakan oleh guru untuk penilaian, tetapi digunakan juga oleh peserta didik sendiri.
2.      Tentukan bersama peserta didik contoh-contoh portofolio apa saja yang akan dibuat.
3.      Kumpulkan dan simpanlah karya-karya tiap peserta didik dalam satu map atau folder.
4.      Berilah tanggal pembuatan pada setiap bahan informasi perkembangan peserta didik sehingga dapat terlihat perbedaan kualitas dari waktu ke waktu.
5.      Tentukan kriteria penilaian contoh-contoh portofolio peserta didik beserta pembobotannya bersama para peserta didik agar tercapai kesepakatan.
6.      Pintalah peserta didik menilai karyanya secara berkesinambungan.
7.      Setelah suatu karya dinilai dan ternyata nilainya belum memuaskan, kepada peserta didik dapat diberi kesempatan untuk memperbaiki lagi.
8.      Bila perlu, jadwalkan pertemuan untuk membahas portofolio jika dianggap perlu, undanglah orang tua peserta didik untuk diberikan penjelasan tentang maksud dan tujuan portofolio sehingga orang tua dapat membantu dan memotivasi anaknya.[2]
  1. Jenis-jenis Portofolio
Pada hakikatnya penilaian portofolio dapat dibedakan ke dalam dua bentuk, yaitu tinjauan proses (process oriented) dan tinjauan hasil (product oriented). Perbedaan kedua bentuk portofolio tersebut dijelaskan sebagai berikut:
1.      Tinjauan Proses
Portofolio proses (process oriented) adalah jenis portofolio yang menekankan pada tinjauan bagaimana  perkembangan peserta didik dapat diamati dan dinilai dari waktu ke waktu.
2.      Tinjauan Hasil
Portofolio ditinjau dari hasil (product oriented) adalah jenis portofolio yang menekankan pada tinjauan hasil terbaik yang telah dilakukan peserta didik, tanpa memperhatikan bagaimana proses untuk mencapai evidence itu terjadi. Ada beberapa yang termasuk portofolio hasil, diantaranya:

a.       Portofolio penampilan
Portofolio pemampilan (show Portofolios) adalah bentuk yang digunakan evidence terbaik yang dikerjakan oleh peserta didik ataupun kelompok peserta didik.
b.      Portofolio dokumentasi
Portofolio dokumentasi (documentary portofolios) adalah bentuk yang digunakan untuk koleksi evidence peserta didik yang khusus digunakan untuk penilaian dalam portofolio dokumentasi.
  1. Tujuan dan Fungsi Portofolio
Portofolio dalam penilaian dapat digunakan untuk mencapai beberapa tujuan, yaitu:
1.      Mendokumentasikan proses pembelajaran yang berlangsung.
2.      Memberi perhatian pada prestasi kerja peserta didik yang terbaik.
3.      Meningkatkan proses efektivitas pengajaran
4.      Bertukar informasi dengan orang tua/ wali peserta didik dan guru lain.
5.      Membina dan mempercepat pertumbuhan konsep diri secara positif pada setiap peserta didik.
6.      Meningkatkan kemampuan melakukan refleksi diri.
Portofolio sangat bermanfaat baik bagi guru maupun siswa dalam melakukan penilaian proses. Portofolio dapat berisikan laporan kegiatan praktikum yang diikuti siswa, tugas-tugas proyek, tugas-tugas individu atau kelompok dan lain-lain. Fungsi penilain portofolio menurut Berenson dan Carter antara lain sebagai berikut:
1.      Mendokumentasikan kemajuan siswa dalam kurun waktu tertentu. 
2.      Mengetahui bagian-bagian yang perlu diperbaiki.
3.      Membangkitkan kepercayaan diri dan motivasi untuk belajar.
4.      Mendorong tanggung jawab siswa untuk belajar.
  1. Manfaat Portofolio
Penilaian portofolio yang dikemas secara baik dapat memeberikan manfaat sebagai berikut :
1.      Guru dapat menilai perkembangan dan kemajuan siswa.
2.      Guru dan wali murid dapat berkomunikasi tentang pekerjaan siswa.
3.      Siswa dapat menjadi partner dalam proses penilaian.
4.      Siswa dapat menemukan bakat dan kemampuannya.
5.      Penilaian tersebut obyektif[3]
  1. Kelemahan Portofolio
Adapun kelemahan penilaian portofolio, antara lain sebagai berikut:
1.      Membutuhkan waktu dan kerja ekstra.
2.      Penilaian portofolio dianggap kurang reliable dibandingkan     dengan   bentuk penilaian yang lain.
3.      Ada kecenderungan guru hanya memperhatikan pencapaian akhir sehingga proses penilaian kurang mendapat perhatian.
4.      Tidak tersedianya kriteria penilaian yang jelas.
5.      Penilaian portofolio masih relatif baru sehingga banyak guru, orang tua  dan pesesrta didik yang belum mengetahui dan memahaminya.
6.      Sulit dilakukan terutama menghadapi ujian dalam skala nasional.
7.      Dapat  Menjebak pesrta didik jika terlalu sering menggunakan format yang lengkap dan detail.[4]
  1. Kelebihan Portofolio
Portofolio sampai sekarang masih banyak digunakan, hal itu dikarenakan portofolio memiliki beberapa kelebihan, diantaranya :
1.      Portofolio memeberikan kesempatan siswa untuk dapat mengarahkan potensi belajar mereka sesuai dengan kemampuan.
2.      Menentukan tingkat pencapaian hasil belajar.
3.      Mengetahui perkembangan usaha belajar siswa.
4.      Portofolio dapat digunakan untuk mengevaluasi dan meningkatkan efektivitas kurikulum dan instruksional.[5]
Sedangkan menurut Gronlund (1998 : 158), portofolio memiliki beberapa kelebian, antara lain sebagai berikut.
1.      Kemajuan belajar siswa dapat terlihat dengan jelas.
2.      Penekanan pada hasil pekerjaan terbaik siswa memberikan pengaruh positif dalam belajar.
3.      Membandingkan pekerjaan sekarang dengan yang lalu memberikan motivasi yang lebih besar dari pada membandingkan dengan milik orang lain.
4.      Keterampilan asesmen sendiri dikembangkan mengarah pada seleksi contoh pekerjaan dan menentukan pilihan terbaik
5.      Memberikan kesempatan siswa bekerja sesuai dengan perbedaan individu (misalnya siswa menulis sesuai dengan tingkat level mereka tetapi sama-sama menuju tujuan umum).
6.      Dapat menjadi alat komunikasi yang jelas tentang kemajuan belajar siswa bagi siswa itu sendiri, orang tua, dan lainnya.

     
    BAB III
PEMBAHASAN
  1. Daftar SK- KD, dan Materi Pembelajaran PAI SMA Kelas X Semester II.
NO.
SK
KD
MATERI
1.
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang demokrasi.
a.   Membaca Q.S. Ali Imron (3): 159 dan Asy-Syuro (42):38.
b.   Menjelaskan arti Q.S. Ali Imron (3): 159 dan Asy-Syuro (42):38.
c.   Menampilkan perilaku hidup demokrasi seperti yang terkandung dalam Q.S. Ali Imron (3): 159 dan Asy-Syuro (42):38.
a.    Bacaan surah Q.S. Ali Imron (3): 159.
b.    Identifikasi tajwid Q.S. Ali Imron (3): 159.
c.    Mengartikan per lafaz Q.S. Ali Imron (3): 159.
d.   Isi kandungan Q.S. Ali Imron (3): 159.
e.    Sikap/perilaku yang mencerminkan Q.S. Ali Imron (3): 159.
f.     Bacaan surah Asy-Syuro (42):38.
g.    Identifikasi tajwid Asy-Syuro (42):38.
h.    Isi kandungan Asy-Syuro (42):38.
i.      Mengartikan per lafaz Asy-Syuro (42):38.
j.      Sikap/perilaku yang mencerminkan Asy-Syuro (42):38.
2.
Meningkatkan keimanan kepada malaikat.
a.    Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada malaikat.
b.    Menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat.
c.    Menampilkan perilaku sebagai cerminan beriman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari.
a.    Pengertian beriman kepada malaikat.
b.    Nama-nama malaikat dan tugasnya.
c.    Fungsi iman kepada malaikat.
d.   Sifat-sifat malaikat.
e.    Tanda-tanda beriman kepada malaikat.
f.     Contoh perilaku beriman kepada malaikat.
g.    Perilaku yang mencerminkan iman kepada malaikat.
h.    Perbedaan malaikat dengan makhluknya.
3.
Membiasakan perilaku terpuji.
a.       Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan bertamu, menerima tamu.
b.       Menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan bertamu, menerima tamu.
c.       Mempraktikkan adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan bertamu, menerima tamu.
a.    Adab dalam berpakaian. (bagi wanita dan pria).
b.    Contoh adab dalam berpakaian.
c.    Mempraktikkan adab berpakaian dalam kehidupan sehari-hari.
d.   Adab dalam berhias.
e.    Contoh adab dalam berhias.
f.     Mempraktikkan adab berhias.
g.    Adab dalam perjalanan.
h.    Contoh adab dalam perjalanan.
i.      Mempraktikkan adab bepergian dalam kehidupan sehari-hari.
j.      Adab bertamu.
k.    Contoh adab bertamu.
l.      Mempraktikkan adab bertamu dalam kehidupan sehari-hari.
m.  Adab menerima tamu.
n.    Contoh adab menerima tamu.
o.    Mempraktikkan adab menerima tamu.
4.
Menghindari perilaku tercela.
a.       Menjelaskan pengertian hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi.
b.    Menyebutkan contoh perilaku hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi.
c.    Menghindari hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari.
a.    Pengertian hasad.
b.    Tanda-tanda orang yang memiliki sifat hasad.
c.    Sebab-sebab orang memilki sifat hasad.
d.   Bahaya sifat hasad dalam kehidupan manusia.
e.    Contoh perilaku hasad.
f.     Pengertian riya’.
g.    Tanda-tanda orang yang mempunyai sifat riya’.
h.    Sebab-sebab orang memiliki sifat riya’.
i.      Bahaya yang ditimbulkan oleh sifat riya’.
j.      Contoh perilaku riya’.
k.    Cara menghindari sifat riya’.
l.      Pengertian aniaya.
m.  Tanda-tanda orang yang memiliki sifat aniaya.
n.    Sebab-sebab seseorang memiliki sifat aniaya.
o.    Bahaya sifat aniaya.
p.    Contoh-contoh perilaku aniaya.
q.    Cara menghindari perilaku aniaya.
r.     Pengertian diskriminasi.
s.     Tanda-tanda orang tang memiliki sifat diskriminasi.
t.     Sebab-sebab seseorang memiliki sifat diskriminasi.
u.    Bahaya sifat diskriminasi.
v.    Contoh perilaku diskriminasi.
w.  Cara menghindari perilaku diskriminasi.
5.
Memahami hukum Islam tentang  zakat, haji dan wakaf.
a.       Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan wakaf.
b.       Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan zakat, haji dan wakaf.
c.       Menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang pengolahan zakat, haji dan wakaf.
a.    Pengertian zakat.
b.    Macam-macam zakat.
c.    Perundang-undangan tentang zakat.
d.   Orang-orang yang berhak menerima zakat.
e.    Hikmah zakat.
f.     Pengertian Haji.
g.    Syarat, Rukun, Wajib,Sunnah Haji.
h.    Perundang-undangan Haji.
i.      Contoh pengelolaan dan penyelenggaraan Haji.
j.      Penerapan ketentuan perundang-undangan tentang Haji.
k.    Hikmah Haji.
l.      Pengertian wakaf.
m.  Syarat dan rukun wakaf.
n.    Perundang-undangan wakaf.
o.    Contoh pengelolaan wakaf.
p.    Penerapan ketentuan perundang-undangan wakaf.
q.    Hikmah wakaf.
6.
Memahami keteladanan Rasullah SAW dalam membina umat periode Madinah.
a.       Menceritakan sejarah dakwah Rasullah periode Madinah.
b.       Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasullah periode Madinah.
a.    Sejarah dakwah Rasulullah SAW. Periode Madinah.
b.    Strategi dakwah Rasulullah SAW. Di Madinah.
( Sumber : Materi PAI di atas berdasarkan buku Paket karya Wawan Djunaidi, Pendidikan Agama Islam SMA Kelas X, Jakarta : PT. Listafariska Putra, 2008.)

  1. Daftar Pemetaan Materi PAI SMA Kelas X dalam Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik.
NO.
Ranah
Materi Pembelajaran
Teknik Hasil Evaluasi Pembelajaran
1.
Kognitif
a.    Pengertian beriman kepada malaikat.
b.    Nama-nama malaikat dan tugasnya.
c.    Fungsi iman kepada malaikat.
d.   Sifat-sifat malaikat.
e.    Pengertian hasad.
f.     Pengertian riya’.
g.    Pengertian aniaya.
h.    Pengertian diskriminasi.
i.      Pengertian zakat.
j.      Macam-macam zakat.
k.    Perundang-undangan tentang zakat.
l.      Pengertian Haji.
m.  Syarat, Rukun, Wajib,Sunnah Haji.
n.    Perundang-undangan Haji.
o.    Pengertian wakaf.
p.    Syarat dan rukun wakaf.
q.    Perundang-undangan wakaf.
Tes Tertulis
Tes Lisan
Tes Portofolio
2.
Afektif
a.    Hikmah Zakat.
b.    Hikmah Haji.
c.    Hikmah Wakaf.
d.   Adab dalam berpakaian
e.    Adab dalam berhias.
f.     Adab dalam perjalanan.
g.    Adab bertamu.
h.    Adab menerima tamu.

Tes Observasi
Tes Wawancara
Tes Angket
Tes Portofolio
3.
Psikomotorik
a.     Bacaan surah Q.S. Ali Imron (3): 159.
b.    Identifikasi tajwid Q.S. Ali Imron (3): 159.
c.     Mengartikan per lafaz Q.S. Ali Imron (3): 159.
d.    Sikap/perilaku yang mencerminkan Q.S. Ali Imron (3): 159.
e.     Bacaan surah Asy-Syuro (42):38.
f.     Identifikasi tajwid Asy-Syuro (42):38.
g.    Mengartikan per lafaz Asy-Syuro (42):38.
h.    Sikap/perilaku yang mencerminkan Asy-Syuro (42):38.
i.      Mempraktikkan adab berpakaian dalam kehidupan sehari-hari.
j.      Mempraktikkan adab berhias.
k.    Mempraktikkan adab bepergian dalam kehidupan sehari-hari.
l.      Cara menghindari perilaku diskriminasi.
m.  Contoh pengelolaan dan penyelenggaraan Haji.
n.    Penerapan ketentuan perundang-undangan tentang Haji.
o.    Contoh pengelolaan wakaf.
p.    Penerapan ketentuan perundang-undangan wakaf.
Tes Perbuatan/ Tindakan Praktikum
Tes Portofolio


  1. Contoh Soal Ranah Kognitif
Tes Portofolio Individu
1.         SK 8         : Meningkatkan Keimanan kepada Malaikat.
2.         KD 8.1     : Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Malaikat.
Materi Pembelajaran Beriman kepada Malaikat.
Contoh lembar penilaian portofolio dengan materi : Pengertian beriman kepada malaikat, Nama-nama malaikat dan tugasnya, Fungsi iman kepada malaikat dan sifat-sifat malaikat.
Nama Siswa   : …………………………..
NO
KRITERIA
SKOR
CATATAN
1.
Kelengkapan
Memuat pengetahuan tentang :
  1. Pemahaman terhadap iman kepada Malaikat.
  2. Mengetahui nama-nama Malaikat.
  3. Pemahaman terhadap tugas-tugas Malaikat.
  4. Mengetahui fungsi iman kepada Malaikat.
  5. Mengetahui sifat-sifat Malaikat.


2.
Penyusunan laporan
  1. Tersusun dengan baik
  2. Tertulis dengan rapi
  3. Mudah dipahami


3.
Informasi
  1. Sesuai materi
  2. Cukup memadai
  3. Cukup penting


4.
Pendukung
  1. Memuat contoh-contoh atau alasan-alasan
  2. Tingkat pemahaman materi
  3. Usaha meningkatkan pemahaman



Jumlah Skor


(Sumber : Nur Khoiri, Sistem Evaluasi Pendidikan Agama Islam, (Jepara : INISNU, 2011).
Guru Penilai  : …………………                              Tanggal : …………….

Tes Portofolio Kelompok
1.        SK 11         : Memahami hukum Islam tentang zakat, haji dan wakaf.
2.        KD 11.1      : Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan wakaf.
Materi Pembelajaran tentang hukum Islam mengenai zakat, haji dan wakaf.
Contoh lembar penilaian portofolio dengan materi : Pengertian zakat, Macam-macam zakat, Perundang-undangan tentang zakat, Pengertian Haji, Syarat, Rukun, Wajib,Sunnah Haji, Perundang-undangan Haji, Pengertian wakaf, Syarat dan rukun wakaf, Perundang-undangan wakaf.
Nama Kelompok          : ……………………
NO.
KRITERIA
SKOR
CATATAN
1.
Kelengkapan
Memuat pengetahuan tentang :
  1. Pemahaman terhadap pengertian zakat, haji dan wakaf.
  2. Pemaham tentang perundang-undangan zakat.
  3. Mengetahui tentang macam-macam zakat.
  4. Mengetahui syarat, rukun haji.
  5. Mengetahui wajib dan sunah haji.
  6. Pemaham tentang perundang-undangan haji.
  7. Mengetahui syart dan rukun wakaf.
  8. Pemaham tentang perundang-undangan wakaf.



2.
Penyusunan laporan
  1. Tersusun dengan baik
  2. Tertulis dengan rapi
  3. Mudah dipahami


3.
Informasi
  1. Sesui materi
  2. Cukup memadai
  3. Cukup penting


4.
Pendukung
  1. Memuat contoh-contoh pengelolaan zakat,, haji dan wakaf.
  2. Memuat alasan-alasan dalam setiap pendapat.


5.
Penilaian kelompok
  1. Kedisiplinan kelompok
  2. Kekompakan kelompok.
  3. Tingkat pemahaman materi.
  4. Usaha meningkatkan pemahaman.



Jumlah Skor


            (Sumber : Nur Khoiri, Sistem Evaluasi Pendidikan Agama Islam, (Jepara : INISNU, 2011).
            Guru Penilai : ………………..                         Tanggal : …………………
  1. Contoh Soal Ranah Afektif
Tes Portofolio Individu
1.      SK 11        :  Memahami hukum Islam tentang zakat, haji dan wakaf.
2.      KD 11. 2   : menyebutkancontoh-contoh tentang pengelolaan zakat, haji dan wakaf.
Materi Pembelajaran Memahami hukum Islam tentang zakat, haji dan wakaf.
Contoh lembar penilaian portofolio dengan materi : hikmah zakat, haji dan wakaf.
Nama Siswa   : …………………………..
NO
KRITERIA
SKOR
CATATAN
1.
Kelengkapan
Memuat tentang :
a.         Dapat mengambil hikmah tentang zakat.
b.         Dapat mengambil hikmah tentang tentang haji.
c.         Dapat mengambil hikmah tentang wakaf.


2.
Penyusunan laporan
a.         Tersusun dengan baik
b.         Tertulis dengan rapi
c.         Mudah dipahami


3.
Informasi
  1. Sesuai materi
  2. Cukup memadai
  3. Cukup penting


4.
Pendukung
  1. Memuat contoh-contoh atau alasan-alasan
  2. Tingkat pemahaman materi
  3. Usaha meningkatkan pemahaman



Jumlah Skor


(Sumber : Nur Khoiri, Sistem Evaluasi Pendidikan Agama Islam, (Jepara : INISNU, 2011).
Guru Penilai  : …………………                              Tanggal : …………….
Tes Portofolio Kelompok
1.      SK 9          :     Membiasakan Perilaku Terpuji
2.      KD 9.2      :  Menyebutkan contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias, bepergian, bertamu dan menerima tamu.
Materi Pembelajaran tentang contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias, bepergian, bertamu dan menerima tamu.
Contoh lembar penilaian portofolio dengan materi : menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias, bepergian, bertamu dan menerima tamu.
Nama Kelompok          : ……………………
NO.
KRITERIA
SKOR
CATATAN
1.
Kelengkapan
a.    Menyebutkan contoh-contoh adab berpakaian.
b.    Menyebutkan contoh-contoh adab berhias.
c.    Menyebutkan contoh-contoh adab bepergian.
d.   Menyebutkan contoh-contoh adab bertamu.
e.    Menyebutkan contoh-contoh adab menerima tamu.


2.
Penyusunan laporan
  1. Tersusun dengan baik
  2. Tertulis dengan rapi
  3. Mudah dipahami


3.
Informasi
  1. Sesui materi
  2. Cukup memadai
  3. Cukup penting


4.
Pendukung
  1. Memuat contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias, bepergian, bertamu dan menerima tamu.
  2. Memuat alasan-alasan dalam setiap pendapat.


5.
Penilaian kelompok
a.    Kedisiplinan kelompok
b.    Kekompakan kelompok.
c.    Tingkat pemahaman materi.
d.   Usaha meningkatkan pemahaman.



Jumlah Skor


            (Sumber : Nur Khoiri, Sistem Evaluasi Pendidikan Agama Islam, (Jepara : INISNU, 2011).
            Guru Penilai : ………………..                         Tanggal : …………………
  1. Contoh Soal Ranah Psikomotorik
Tes Portofolio Individu
1.      SK 7          :  Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang Demokrasi
2.      KD 7.3      :  Menampilkan perilaku hidup demokrasi seperti yng terkandung dalam Q.S. Ali Imran (3) : 159 dan Asy-Syura (42) : 38.
Materi Pembelajaran perilaku hidup demokrasi seperti yng terkandung dalam Q.S. Ali Imran (3) : 159 dan Asy-Syura (42) : 38.
Contoh lembar penilaian portofolio dengan materi : perilaku hidup demokrasi seperti yang terkandung dalam Q.S. Ali Imran (3) : 159 dan Asy-Syura (42) : 38.
Nama Siswa   : …………………………..
NO
KRITERIA
SKOR
CATATAN
1.
Kelengkapan
  1. Mempraktikkan  perilaku hidup demokrasi seperti yang terkandung dalam Q.S. Ali Imran (3) : 159.
  2. Mempraktikkan perilaku hidup demokrasi seperti yang terkandung dalam Asy-Syura (42) : 38.


2.
Penyusunan laporan
d.        Tersusun dengan baik
e.         Tertulis dengan rapi
f.          Mudah dipahami


3.
Informasi
  1. Sesuai materi
  2. Cukup memadai
  3. Cukup penting


4.
Pendukung
  1. Memuat contoh-contoh atau alasan-alasan
  2. Tingkat pemahaman materi
  3. Usaha meningkatkan pemahaman



Jumlah Skor


(Sumber : Nur Khoiri, Sistem Evaluasi Pendidikan Agama Islam, (Jepara : INISNU, 2011).
Guru Penilai  : …………………                              Tanggal : …………….

Tes Portofolio Kelompok
1.      SK 7          :      Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang Demokrasi
2.      KD 7.3      :     Membaca  Q.S. Ali Imran (3) : 159 dan Asy-Syura (42) : 38.
Materi Pembelajaran membaca, mengidentifikasi, mengartikan Q.S. Ali Imran (3) : 159 dan Asy-Syura (42) : 38.
Contoh lembar penilaian portofolio dengan materi : membaca, mengidentifikasi, mengartikan Q.S. Ali Imran (3) : 159 dan Asy-Syura (42) : 38.
Nama Kelompok       : ……………………
NO.
KRITERIA
SKOR
CATATAN
1.
Kelengkapan
  1. Membaca Q.S. Ali Imran (3) : 159 dan Asy-Syura (42) : 38.
  2. Mengidentifikasi tajwid Q.S. Ali Imran (3) : 159 dan Asy-Syura (42) : 38.
  3. Mengartikan Q.S. Ali Imran (3) : 159 dan Asy-Syura (42) : 38.


2.
Penyusunan laporan
  1. Tersusun dengan baik
  2. Tertulis dengan rapi
  3. Mudah dipahami


3.
Informasi
  1. Sesuai materi
  2. Cukup memadai
  3. Cukup penting


4.
Pendukung
  1. Memuat contoh-contoh perilaku hidup demokrasi seperti dalam Q.S. Ali Imran (3) : 159 dan Asy-Syura (42) : 38.
  2. Memuat alasan-alasan dalam setiap pendapat.


5.
Penilaian kelompok
  1. Kedisiplinan kelompok.
  2. Kekompakan kelompok.
  3. Tingkat pemahaman materi.
  4. Usaha meningkatkan pemahaman.



Jumlah Skor


            (Sumber : Nur Khoiri, Sistem Evaluasi Pendidikan Agama Islam, (Jepara : INISNU, 2011).
            Guru Penilai : ………………..                         Tanggal : …………………

  1. Butir Soal (Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik)
1.         Jelaskan isi kandungan Q.S. Asy-Syura ?
2.         Jelaskan bagaimana etika menerima tamu ?
3.         Mengapa sifat hasad berbahaya bagi seorang muslim ?
4.         Sebutkan beberapa jenis riya’ !
5.         Sebutkan akibat buruk dari aniayah !
6.         Sebutkan macam-macam zakat dalam Islam !
7.         Sebutkan hikmah mengeluarkan zakat!
8.         Bagaimana hukumnya wakaf  yang berupa makanan ? jelaskan !
9.         Apa yang disebut kaum anshar dan kaum muhajirin ?
10.     Mengapa kaum muslimin mengalami kekalahan pada perang uhud ? jelaskan !
  1. Kunci  Jawaban.
1.      Bahwa hendaknya setiap persoalan dipecahkan secara bersama, bahkan bukan hanya sebatas urusan masyarakat umum yang boleh dimusyawarakan, namun juga urusan pribadi jika memang dianggap penting untuk meminta usualan dari berbagai piahak.
2.      Etika menerima tamu :
a.       Menerima kedatangan tamu dengan senang hati dan bersikap baik
b.      Memberikan jamuan kepada tamu
c.       Tidak memaksakan diri dalam memberi jamuan
d.      Mengantarkan tamu sampai ke pintu ketika pulang
3.      Karena, sifat hasad dapat menghilangkan/menghapus semua amal baik seseorang yang telah dia kerjakan.
4.      Jenis riya’ ada 2 yaitu :
a.       Riya’ dalam niat
b.      Riya’ dalam perbuatan
5.      Perbuatan aniayah dapat menimbulkan kerugian baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Selain itu akn menimbulkan bahaya di dunia dan akhirat.
6.      Zakat dalam Islam ada 2 yaitu :
a.       Zakat Fitrah
b.      Zakat Mal (zakat emas, perak, dan uang, harta perniagaan, hasil pertanian, hewan ternak, hasil tambang serta hasil temuan)
7.      Hikmah zakat diatnaranya yaitu :
a.       Membersihkan harta kekayaan dan menyucikan hati sehingga terhindar dari sifat kikir.
b.      Memperoleh keberkahan harta berkat doa para mustahiq
c.       Mempertebal keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT
d.      Meringankan beban fakir miskin dan mustahiq
e.       Mengentaskan kemiskinan
8.      Tidak boleh, karena makanan termasuk barang yang tidak bisa tahan lama. Makanan tersebut bukan termasuk wakaf, tetapi termasuk shodaqoh.
9.      Kaum anshar adalah penduduk asli Madinah yang sudah menganut agama Islam dan mereka menolong kaum muhajirin. Sedangkan kaum muhajirin adalah kaum muslimin yang berhijrah dari Makkah ke Madinah.
10.  Karena kaum muslimin tidak mengindahkan perintah Rasulullah SAW. Untuk tidak meninggalkan posisi mereka masing-masing hingga perang usai.
  1. Contoh Bentuk Portofolio Harian
Nama Siswa                :
Semester / Kelas          :
Portofolio                    :
Mata Pelajaran            :
Nama Guru                 :
No.
Kemampuan yang diamati
Hari/Tanggal Tugas dibuat
Hasil Penilaian Tugas
Paraf Penilaian
1.
Membaca Q.S. Ali Imran (3) : 159 dan Asy-Syura (42) : 38.



2.
Mengidentifikasi tajwid Q.S. Ali Imran (3) : 159 dan Asy-Syura (42) : 38.



3.
Mengartikan Q.S. Ali Imran (3) : 159 dan Asy-Syura (42) : 38.



(Sumber : Sukardi, Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009, cet. 2. )
Jepara, …………………….
(……………………………)
  1. Contoh Bentuk Portofolio Mingguan
Nama Siswa                :
Semester / Kelas          :
Portofolio                    :
Mata Pelajaran            :
Nama Guru                 :
No.
Kemampuan yang diamati
Minggu Ke –
Tugas dibuat
Hasil Penilaian Tugas
Paraf Penilaian
1.
Membaca Q.S. Ali Imran (3) : 159 dan Asy-Syura (42) : 38.



2.
Mengidentifikasi tajwid Q.S. Ali Imran (3) : 159 dan Asy-Syura (42) : 38.



3.
Mengartikan Q.S. Ali Imran (3) : 159 dan Asy-Syura (42) : 38.



4.
Menampilkan perilaku hidup demokrasi seperti yang terkandung dalam Q.S. Ali Imron (3): 159 dan Asy-Syuro (42):38.



(Sumber : Sukardi, Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009, cet. 2. )
Jepara, …………………
(….……………………)
  1. Contoh Bentuk Portofolio Bulanan
 Nama Siswa               :
Semester / Kelas          :
Portofolio                    :
Mata Pelajaran            :
Nama Guru                 :
No.
Kemampuan yang diamati
Bulan Ke –
Tugas dibuat
Hasil Penilaian Tugas
Paraf Penilaian
1.
Membaca Q.S. Ali Imran (3) : 159 dan Asy-Syura (42) : 38.



2.
Mengidentifikasi tajwid Q.S. Ali Imran (3) : 159 dan Asy-Syura (42) : 38.



3.
Mengartikan Q.S. Ali Imran (3) : 159 dan Asy-Syura (42) : 38.



4.
Menampilkan perilaku hidup demokrasi seperti yang terkandung dalam Q.S. Ali Imron (3): 159 dan Asy-Syuro (42):38.



5.
Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada malaikat.



6.
Menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat.



7.
Menampilkan perilaku sebagai cerminan beriman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari.



(Sumber : Sukardi, Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009, cet. 2. )
Jepara, …………………
(….……………………)
  1. Contoh Bentuk Portofolio Semesteran
Nama Siswa                :
Semester / Kelas          :
Portofolio                    :
Mata Pelajaran            :
Nama Guru                 :
No.
Kemampuan yang diamati
Semester Ke –
Tugas dibuat
Hasil Penilaian Tugas
Paraf Penilaian
1.
Membaca Q.S. Ali Imran (3) : 159 dan Asy-Syura (42) : 38.



2.
Mengidentifikasi tajwid Q.S. Ali Imran (3) : 159 dan Asy-Syura (42) : 38.



3.
Mengartikan Q.S. Ali Imran (3) : 159 dan Asy-Syura (42) : 38.



4.
Menampilkan perilaku hidup demokrasi seperti yang terkandung dalam Q.S. Ali Imron (3): 159 dan Asy-Syuro (42):38.



5.
Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada malaikat.



6.
Menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat.



7.
Menampilkan perilaku sebagai cerminan beriman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari.



8.
Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan bertamu, menerima tamu.



9.
Menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan bertamu, menerima tamu.



10.
Mempraktikkan adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan bertamu, menerima tamu.



11.
Menjelaskan pengertian hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi.



12.
Menyebutkan contoh perilaku hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi



13.
Menghindari hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari.



14.
Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan wakaf.



15.
Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan zakat, haji dan wakaf.
Menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang pengolahan zakat, haji dan wakaf.



16.
Menceritakan sejarah dakwah Rasullah periode Madinah.



17.
Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasullah periode Madinah.



(Sumber : Sukardi, Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009, cet. 2. )
Jepara, …………………
(….……………………)
  1. Teknik Pengolahan Data
1.      Butir Instrumen
BUTIR INSTRUMEN













NO. RESP
BUTIR NOMER SOAL
SKOR
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
A
0
1
1
1
1
1
1
0
1
1
8
B
0
1
0
1
1
1
1
0
1
1
7
C
0
1
1
0
1
1
1
1
1
0
7
D
0
0
0
0
1
1
0
0
0
0
2
E
1
0
0
1
0
1
0
0
0
0
3
F
0
1
0
1
1
1
1
0
1
0
6
G
1
1
0
0
1
1
0
0
1
0
5
H
0
1
0
1
1
1
1
1
1
1
8
I
0
1
0
1
0
1
1
1
1
1
7
J
0
1
0
1
0
1
1
1
0
0
5
K
1
1
1
1
1
1
1
0
1
1
9
L
0
1
0
1
0
1
1
0
0
1
5
M
0
0
0
1
1
1
1
1
1
0
6
N
0
0
0
1
1
1
1
1
1
1
7
O
1
0
0
0
0
1
1
1
1
1
6
P
0
1
1
0
1
1
1
1
1
1
8
Q
1
1
1
1
1
1
1
1
0
1
9
R
0
0
0
1
1
1
1
0
1
1
6
S
1
0
0
1
0
1
1
1
1
1
7
T
0
1
0
1
0
1
1
0
1
1
6
N= 20
6
13
5
15
13
20
17
10
15
13
















2.     

Rumus P =

 
Mencari Indeks Kesukaran (P)
Keterangan :
P (Indeks Kesukaran)
B (Banyaknya siswa yang menjawab soal dengan benar )
Js (Jumlah seluruh siswa)

 = 0,3  (Sukar)                                = 0,1  (Mudah)
 = 0,65 (Sedang)                            = 0,85  (Mudah)        
 = 0,25  (Sukar)                              = 0,55  (Sedang)
 = 0,75  (Sedang)                           = 0,75  (Mudah)
 = 0,65  (Ssedang)                          = 0,65 (Sedang)
                       
3.      Tindak Lanjut  dari Indeks Kesukaran ( P )
      Dari 10 soal tersebut ternyata terdapat soal yang terlalu mudah dan terlalu sukar, hal ini berarti bahwa soal yang terlalu mudah dapat diulang kembali untuk membangkitkan semangat kepada siswa yang lemah. Dan soal yang sukar, juga bisa tetap digunakan untuk menambah semangat belajar bagi siswa yang pandai.
4.      Mencari Daya Pembeda (D)
a.      Mengelompokkan Kelas Atas dan Kelas Bawah
Data yang diperoleh :
A
B
C
D
E
F
G
H
I
J
8
7
7
2
3
6
5
8
7
5

K
L
M
N
O
P
Q
R
S
T
9
5
6
7
6
8
9
6
7
6

Hasil Pengelompokan :
Kelas Atas
9
9
8
8
8
7
7
7
7
7
Kelas Bawah
6
6
6
6
6
5
5
5
2
3

b.      Mencari responden yang menjawab benar dari kelompok atas dan bawah.
Soal
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Kelompok Atas Yang Menjawab Benar
3
8
5
8
8
10
10
7
9
9

Soal
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Kelompok Bawah Yang Menjawab Benar
3
5
0
7
5
10
7
3
6
4


c.       Mencari Indeks Kesukaran Kelompok Atas (PA)

Rumus PA =

 
Keterangan :
PA ( Indeks kesukaran kelompok atas)
BA (Banyaknya siswa yang menjawab benar dari kelompok atas)
JA (Jumlah siswa kelompok atas)
                          =  0,3                                  =  1           
  =  0,8                                   =  1
 =  0,5                                 8.   =  0,7
  =  0,8                                   =  0,9
  =  0,8                                 10.P  =  0,9

d.      Mencari Indeks Kesukaran Kelompok Bawah (PB)

Rumus PB =

 
Keterangan :
PB ( Indeks kesukaran kelompok bawah)
BB (Banyaknya siswa yang menjawab benar dari kelompok bawah)
JB (Jumlah siswa kelompok bawah)
  =  0,3                                               =  1                                                                                

  =  0,5                                               =  1
 =  0                                                 8.   =  0,3
  =  0,7                                               =  0,6
  =  0,5                                             10.P  =  0,4











e.      
D = PA – PB
PB
 
Menghitung Daya Pembeda (D)
Rumus =
1)   0,3 – 0,3 = 0 ( Jelek )                      6.  1 – 1    = 0 ( Jelek )
2)   0,8 – 0,5 = 0,3 ( Cukup )                7.  1 – 0,7 = 0,3 ( Cukup )
3)   0,5 – 0    = 0,5 ( Baik )                    8.  0,7 – 0,3 = 0,4 ( Cukup )
4)   0,8 – 0,7 = 0,1 ( Jelek )                   9.  0,9 – 0,6 = 0,3 ( Cukup )
5)   0,8 – 0,5 = ( Cukup )                      10. 0,9 – 0,4 = 0,5 ( Baik )



[1] http://www.sarjanaku.com/2011/01/pengertian-portofolio.html
[2] Kunandar, Op.Cit., hlm. 415.
[3] Kunandar, Op.Cit., hlm. 414.
[4] http://linguasphereus.blogspot.com/2011/05/kelebihan-dan-kekurangan-penilaian.html
[5] Sukardi, Op.Cit., hlm. 192.